3 Cara Membuat Sabun Tanpa Menggunakan Bahan Kimia

Apakah bisa membuat sabun mandi sendiri tanpa menggunakan bahan kimia?

Jawabannya bisa!

Bagi sebagian orang melibatkan bahan kimia yang berbahaya merupakan hal yang menakutkan. Terutama bagi yang belum pernah berurusan dengan bahan kimia.

Kendala terbesar saat membuat sabun mandi dari awal adalah penggunaan alkali.

Alkali merupakan bahan kimia utama pembuatan sabun mandi. Alkali atau lye ini bisa berupa Natrium / Sodium Hidroksida / kaustik soda (NaOH) untuk membuat sabun batang dan Kalium / Potassium Hidroksida (KOH) untuk membuat sabun cair.

Lye atau alkali juga termasuk ke dalam bahan kimia yang berbahaya. Alkali ini jika bersentuhan dengan kulit bisa membuatnya terbakar dan sedikit kurang cermat bisa mengakibatkan kesalahan yang fatal. Lihat disini untuk menangani alkali.

Walaupun berbahaya, bukan berarti sabun mandinya juga menjadi bahaya. Ketika sudah menjadi sabun mandi tidak ada lagi alkali yang terkandung di dalam sabun mandi tersebut. Karena semua alkali tersebut sudah beraksi dengan minyak untuk menjadi sabun mandi.

Jika kamu ingin langsung bersenang-senang membuat sabun mandi dengan melibatkan anak-anak dan tidak mau pusing dengan bahan kimia dan perhitungannya. Atau malah kamu sudah pernah membuat sabun mandi sendiri tapi hasilnya tidak sesuai dengan keinginanmu.

Ya! Ada 3 cara mudah untuk membuat sabun mandi tanpa menggunakan alkali, beginilah caranya:

  1. Melt and Pour
  2. Hand Mill atau Rebatch
  3. Membuat Sabun Cair Menggunakan Liquid Soap Base

Cara 1 – Melt & Pour

Cara membuat sabun mandi ini menggunakan bahan soap base khusus untuk melt & pour atau biasa juga dikenal dengan glycerine soap base. Soap base ini sudah tidak membutuhkan alkali lagi, proses saponifikasinya sudah selesai.

Kamu hanya cukup melelehkan soap base dan menambahkan beberapa aditif. Sabun sudah siap digunakan.

Apa saja yang kamu butuhkan?

Tidak seperti membuat sabun mandi dengan cara cold process, kamu tidak harus menggunakan wadah stainless steel untuk membuat sabun mandi. Kamu bisa menggunakan wadah apa saja yang terpenting tahan panas, karena kamu harus melelehkan soap base.

Selain itu juga kamu bisa menggunakan double boiler atau microwave untuk melelehkan soap base. Kamu juga bisa menggunakan kompor untuk melelehkannya, tapi jangan sampai mendidih karena soap base bisa menguap dan menjadi kental.

Berikut saya berikan beberapa bahan yang saya gunakan dalam tutorial ini:

bahan melt pour

  • Melt & Pour Soap Base – 250 gr
  • Mix Essential Oils (1% dari berat soap base):
  • Lemon Essential Oil – 50%
  • Patchouli Essential Oil – 20%
  • Peppermint Essential Oil – 30%
  • Pewarna Makanan (Optional) – Beberapa tetes

Langkah – langkah membuat sabun mandi menggunakan melt & pour soap base

1. Timbang soap base sesuai kebutuhan, kemudian potong dadu untuk memudahkan soap base meleleh.

lelehkan soap base

2. Masukkan ke dalam wadah untuk pemanasan dan panaskan hingga semua soap base meleleh.

semua soap base meleleh

3. Setelah semua soap base meleleh, jangan langsung menambahkan essential oil, biarkan hingga mencapai batas flash point essential oil yang digunakan.

tambahkan essential oil

4. Setelah itu baru tambahkan essential oil dan aduk hingga tercampur rata (homogen).

tambahkan pewarna

5. Tambahkan beberapa tetes warna sesuai keinginan dan aduk hingga rata.

masukkan ke dalam cetakan

6. Masukkan ke dalam cetakan. Biarkan hingga mengeras, jika kamu tidak sabar menunggu masukkan ke dalam freezer selama 15 menit. Setelah itu sabun sudah siap digunakan.

7. Jangan menyimpan sabun yang sudah jadi secara terbuka. Bungkus dengan plastic wrap atau masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Cara 2 – Hand Mill atau Rebatch

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan membuat sabun dengan metode hot process. Bahan utamanya menggunakan sabun batang cold process maupun hot process yang sudah jadi kemudian diparut atau bisa dipotong kecil-kecil, dipanaskan dan tambahkan aditif yang kamu inginkan.

Juga disebut sebagai rebatch, karena kamu bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki sabun batang yang gagal. Seperti kelebihan alkali, atau warna dan wanginya tidak sesuai, kamu bisa memperbaikinya dengan cara ini.

Alat dan bahan yang kamu butuhkan

Untuk membuat sabun dengan cara hand mill atau rebatch ini kamu juga membutuhkan double boiler. Sebaiknya tetap gunakan peralatan dengan bahan stainless steel.

Bahan yang saya gunakan dalam tutorial ini sebagai berikut :

bahan hand mill

  • Sabun Cold Process – 250 gr
  • Extra Virgin Olive Oil (Superfat) – 18 gr
  • Susu Kambing – 50 gr (Kamu bisa mengganti susu kambing dengan cairan lainnya.)
  • Mix Essential Oil – 1% dari berat sabun

Langkah – langkah pembuatan sabun dengan cara Hand Mill

1. Siapkan sabun batang cold process atau hot process, kemudian parut atau potong kecil – kecil.

masukkan dalam double boiler

2. Masukkan ke dalam panci double boiler dan tutup.

3. Panaskan hingga 30 menit supaya meleleh. Untuk mempercepat pelelehan, kamu bisa menambahkan sedikit cairan ke dalamnya.

sabun mulai meleleh

4. Setelah 30 menit, lihat konsistensinya dan jika ada bagian yang masih belum meleleh aduk bagian tersebut dan panaskan kembali.

5. Setelah semua meleleh, kamu bisa menambahkan cairan, disini saya menggunakan susu kambing, aduk susu kambing tersebut hingga tercampur.

6. Kemudian tambahkan minyak untuk superfat.

7. Sebelum menambahkan essential oil, pastikan dahulu suhu sabun tidak melebihi flash point essential oil yang kamu gunakan.

8. Masukkan ke dalam cetakan. Dan biarkan hingga 1 hari supaya sabun mengeras, setelah itu keluarkan sabun dari cetakan.

9. Kamu sudah bisa langsung menggunakannya, tetapi lebih baik tunggu hingga 1 minggu supaya sabun menjadi lebih keras.

Cara 3 – Membuat Sabun Cair Menggunakan Liquid Soap Base

Membuat sabun cair sendiri dari awal memang sangat rumit. Terutama jika kamu ingin menghasilkan sabun cair yang transparan.

Kelebihan minyak, pengadukan yang tidak rata, dan waktu pemanasan yang kurang bisa membuat sabun menjadi keruh. Belum lagi jika kelebihan alkali, memperbaikinya sangat sulit.

Jadi untuk memudahkanmu dalam membuat sabun cair sendiri, bisa menggunakan liquid soap base. Hanya tinggal menambahkan beberapa aditif yang kamu inginkan dan sabun cair langsung bisa kamu gunakan.

Membuat sabun cair menggunakan liquid soap base tidak membutuhkan pemanasan. Jadi kamu hanya perlu menyediakan wadah untuk mencampur aditif yang akan kamu gunakan.

Bahan yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah :

siapkan bahan

  • Liquid Soap Base – 1 Liter
  • Mix Essential Oil – 1% dari berat sabun
  • Pewarna Makanan – Beberapa tetes. (Opsional)
  • Pengental (20% Larutan Garam) – Beberapa ml. (Opsional)

Langkah – langkah membuat sabun cair menggunakan liquid soap base

masukkan ke dalam wadah pencampuran

1. Siapkan liquid soap base dan masukkan ke dalam wadah pencampuran.

campur dan aduk essential oil sampai homogen

2. Siapkan essential oil kemudian campurkan ke dalam soap base dan aduk terus sampai tercampur rata.

3. Tambahkan pewarna makanan jika ingin merubah warna.

4. Siapkan larutan garam dengan memanaskan air hingga mendidih, kemudian larutkan garam ke dalam air mendidih dan aduk hingga larut semua. Tambahkan beberapa ml hingga mencapai kekentalan yang kamu inginkan.

5. Masukkan ke dalam botol. Sabun cair siap untuk digunakan.

Have fun!

Dengan tidak melibatkan kimia dalam proses pembuatan sabun mandi, kamu bisa melewati bagian yang berpotensi bahaya. Kamu bisa langsung ke bagian yang menyenangkan, mencampurkan berbagai macam aditif.

Membuat sabun mandi menggunakan soap base sangat mudah sekali. Cukup menambahkan sentuhan terakhir dan langsung bisa kamu pakai. Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk membuat sabun.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir! Beri tahu saya aditif favoritmu untuk sabun mandi dengan menuliskannya di komentar.

Langganan Newsletter

Dapatkan update tutorial terbaru, ebook gratis dan berbagai penawaran menarik lainnya.

We don’t spam!